Tips Sukses Menjual Barang Dagangan

Informasi

Memulai sebuah bisnis bukanlah sebuah kesalahan tetapi sebuah keputusan yang sangat bagus, karena sekarang jika tidak mempunyai pekerjaan sambilan akan sulit menjalankan kehidupan ini. Salah satu usaha yang bagus untuk dijalani adalah usaha jual beli barang, jika mau sukses usaha ini kuncinya adalah saat penentuan harga jualnya. Jika harganya itu tidak terlalu mahal dan cocok dengan kantong masyarakat di Indonesia maka laku keras di pasaran produk tersebut.

Cara Mudah Menetapkan Harga Jual Barang

Kesulitan pelaku usaha atau pebisnis adalah saat mau menentukan apa yang dijual dan berapa nilai jual dari produk tersebut. Jika mampu menjual barang yang memang dibutuhkan dan melakukan cara menentukan harga di bawah ini maka akan sukses usaha jual beli tersebut.

  • Hitung Dulu Biaya Produksi

Saat mau menjual barang yang perlu dilakukan adalah penjual harus tahu dulu berapa biaya yang dikeluarkan untuk membuat produk atau juga biaya untuk membeli produk tersebut. Memang ada yang menjual barang tidak membuat sendiri tetapi membeli dari produsen lainnya. Jika seperti itu maka pemain harus bisa menghitung dulu berapa yang dikeluarkan untuk mendapatkan produk tersebut, jadi jika sudah mendapatkan barangnya sudah jelas tahu harganya. Untuk menentukan harganya maka harga jual ini harus lebih besar dari biaya pembelian dan juga biaya transportasi.

Jika membuat sendiri maka harus punya perhitungan berapa biaya total untuk membuat barang tersebut, memang agak sulit menentukan biaya jika memproduksi sendiri. Karena kadang biaya ini sangat banyak dan sulit sekali untuk menentukan berapa harganya agar biaya produksi bisa tertutup dan ada keuntungan saat menjualnya. Tipsnya jika memang masih pemula dalam bisnis jual beli sebaiknya jangan buat sendiri tetapi beli saja dari penjual lainnya agar kerugian juga tidak terlalu banyak.

  • Menaikkan Harga Jual

Jika mau untung maka perlu sekali tahu bagaimana caranya agar barang tersebut itu harganya jauh lebih besar dari harga dasarnya. Jika hanya menjual sama dengan harga aslinya jelas penjuallah yang rugi karena tidak akan menutup pengeluaran penjual tersebut. Jadi yang perlu dilakukan adalah membuat perhitungan tentang rumus tersebut supaya saat pembukuan penjualan tidak ada yang salah sehingga kerugian dan keuntungan bisa jelas terlihat.

Kadang mencari keuntungan itu sangat sulit apalagi pesaing yang sama-sama menjual benda atau produk yang sama itu banyak maka lebih sulit lagi membuat barang ini laku. Tetapi jika penjual saat mau menawarkan produk dagangannya sudah menaikkan harganya dulu maka mudah untungnya. Contoh kasusnya adalah penjual mempunyai produk yang harganya itu 5000, untuk harganya sebaiknya harus 7000 sebab jika tidak dinaikkan biaya pembelian dan biaya lainnya itu bisa tergantikan dan ada untungnya juga.

Cara Mempromosikan Produk Dagangan

Jika mau membuka sebuah usaha penjualan maka harus tahu bagaimana agar barang tersebut laku, memang tidak selamanya menjual barang itu laku jadi tetap berusaha saja. Untuk bisa menaikkan nilai penjualan per bulan penjual harus bisa mengenalkan produknya agar dikenal banyak konsumen, pemasaran jelas dibutuhkan sekali jika berbisnis jual beli. Untuk bisa memasarkan produk ini penjual harus kekinian, maksudnya jangan memakai koran atau majalah untuk ajang promosi.

Tetapi sekarang harus menggunakan media sosial, karena sekarang masyarakat sudah menganggap medsos sebagai kebutuhan. Jadi jika tidak memakai satu hari saja akan merasa ada yang kurang, dengan adanya ketergantungan akan medsos ini bisa dimanfaatkan penjual untuk mempromosikan apa yang dijualnya.

Share