Kenapa Sulit Mendapatkan Pekerjaan?

Informasi

Sekarang mendapatkan pekerjaan itu sangatlah sulit apalagi untuk para lulusan baru pasti akan terasa lebih sulit, karena sulitnya mendapatkan pekerjaan ini membuat pengangguran sangat banyak di Indonesia. Pengangguran tidak akan pernah habis karena setiap hari pasti ada yang lulus dari sekolahan dan akan menambah jumlah pengangguran. Untuk penyebab utama sulitnya memperoleh pekerjaan adalah kurangnya pengalaman bekerja, semua perusahaan memang membuka lowongan pasti untuk yang sudah berpengalaman saja. Padahal tidak semua job seeker itu sudah punya pengalaman apalagi fresh graduate pengalaman bekerja jelas tidak ada, jika perusahaan masih membuat syarat seperti itu mana mungkin lulusan baru akan bekerja. Jadi kesimpulannya adalah jangan hanya mengharuskan untuk ada pengalaman karena pengalaman itu bisa didapatkan setelah bekerja jadi buatlah kelonggaran mengenai syarat tersebut.

Lowongan Pekerjaan Yang Cocok Untuk Pengangguran

Semua masyarakat jika mau hidupnya mudah dan serba kecukupan maka harus punya pekerjaan, karena penghasilan didapatkan dari bekerja. Untuk para pengangguran sebenarnya tidak perlu mencari atau mendaftar pekerjaan di kantor saja tetapi harus mencari pekerjaan yang benar-benar cocok dan tidak perlu pengalaman juga. Untuk pekerjaan yang memang diperuntukkan untuk pengangguran ada di bawah ini.

  • Penulis Lepas

Pekerjaan yang pertama adalah penulis lepas, pekerjaan ini dikatakan cocok karena pekerjaan ini tidak butuh banyak pengalaman. Pekerjaan ini hanya butuh satu pengalaman saja yaitu menulis, semua orang pasti pernah menulis baik itu menulis untuk tugas atau membuat skripsi. Dengan bisa membuat skripsi yang bagus maka kemampuan menulisnya sudah sangat hebat karena sudah bisa menulis sesuai dengan EYD. Pekerjaan ini juga tidak mengharuskan pekerjaannya dilakukan di kantor, jadi setelah jadi penulis tidak berarti menjadi karyawan kantor karena sistemnya freelance. Sistem ini sangatlah menguntungkan karena penulis tidak hanya ikut satu buyer saja tetapi bisa ikut banyak buyer. Selain itu tidak ada jam kerjanya jadi mau bekerja dan mau beristirahat lama juga jadi tidak masalah.

Pekerjaan ini memang masih kurang diminati tetapi pekerjaan ini penghasilannya sangat lumayan, jika bekerja di kantor gajinya harus sama dengan UMR maka penghasilan penulis lepas tidak terbatas. Jadi mau mendapatkan berapa pun itu tergantung dari penulisnya sendiri, jika memang ingin dapat banyak maka buatlah artikel yang banyak juga. Selain itu kualitas dari artikelnya harus bagus dan tidak mengcopi dari artikel milik orang lain karena yang dibutuhkan adalah tulisan yang original. Artikelnya sendiri dihargai tergantung dari katanya, jika membuat artikel yang jumlah katanya sampai 600 kata maka artikel akan dihargai 20-30 ribu. Itu untuk satu artikel bayangkan saja jika satu hari buat 10 artikel maka penghasilannya lebih dari cukup.

  • Penjual Kuota Data

Bekerja tidak selamanya harus di kantor tetapi bekerja dengan membuka usaha sendiri kadang hasilnya malah lebih bagus, contohnya saja profesi penjual data internet atau kuota data. Sekarang pemakaian internet memang tidak umum lagi sebab sehari saja bisa menggunakan data sampai 1 GB, jika dihitung-hitung satu bulan bisa sampai 30 GB. Jelas ini menjadi peluang yang sangat menjanjikan karena semua orang pasti butuh kuota data, untuk konsumennya sendiri bukan saja orang dewasa tetapi anak kecil juga sudah mulai menggunakan internet.

Masyarakat memang tidak terlalu menganggap pekerjaan ini menjanjikan padahal jika ditekuni bisa saja membuat pelaku bisnis ini akan sangat sukses. Memang untuk awalnya butuh cukup banyak modal tetapi modal ini sangat cepat untuk kembali lagi, sebab keuntungan yang nanti akan didapatkan bisa sampai 50%. Untuk yang tidak mau menyewa tempat masih tetap bisa berjualan karena sekarang sudah banyak yang menjual kuota ini menggunakan mobil. Selain tidak perlu membayar sewa penjual juga bisa bepergian ke tempat ramai agar jualannya cepat laku, selain itu bisa menambah pelanggan juga karena berpindah-pindah tempat.

  • Penjual Jasa

Pekerjaan yang berikutnya adalah penjual jasa, semua orang pasti punya kelebihan masing-masing atau keahlian khusus. Jika memang sudah melamar pekerjaan tetapi tidak kunjung dapat pekerjaan mak jual saja keahlian yang dimiliki. Karena modal yang paling berguna adalah keahlian tersebut, contohnya saja pintar menggambar maka jangan pusing cari pekerjaan. Lakukan saja usaha jasa design saja, karena sekarang jasa ini sangat dibutuhkan, apalagi sekarang sudah maju teknologinya membuat ahli design khususnya design grafis sangat dicari.

Tips Sukses Lolos Wawancara Pekerjaan

Jika ingin mendapatkan sebuah pekerjaan pasti harus lolos wawancara dulu, wawancara sangatlah penting karena ini menentukan diterima tidaknya bekerja. Kadang yang tidak dapat pekerjaan dikarenakan tidak lolos wawancara, untuk tips agar lolos adalah jangan sampai datang telat. Jika sampai telat maka calon pekerja tersebut sudah dinilai buruk karena belum jadi karyawan saja sudah telat.

Share